Apakah Percetakan Itu?

Percetakan merupakan cara untuk mencetak tulisan serta gambar dalam produksi besar atau massal yang bertujuan agar tulisan maupun gambar dapat terlihat lebih bagus, susunannya rapi serta membuat tertarik bagi si pembaca apalagi bila dibumbui gambar yang sesuai dengan tema tulisan yang akan dicetak.

Banyak pendapat yang mengungkapkan tentang asal usul percetakan itu, salah satunya ditemukan bahwa percetakan sudah dikenal di masyarakat bangsa Cina yang mana mesin cetaknya berasal dari kayu pada abad ke 5, selain itu ada juga pendapat yang mengungkapkan percetakan lahir pada abad ke 14 disaat penemu bernama Johann Gutenberg mencetak kitab suci injil yang dikenal dengan nama Mazarin Bible.

Pada era globalisasi sekarang ini, hampir semua tulisan yang di publikasian merupakan hasil dari mesin percetakan. Buku, majalah, koran, buletin, tabloid sampai berbagai macam undangan untuk pernikahan, hajatan, ulang tahun dan masih banyak yang lainnya. Besarnya kebutuhan akan cetak-mencetak membuat bisnis percetakan merupakan pilihan yang menjanjikan, hal tersebut membuat daya saing sesama perusahaan cetak entah itu rumahan sampai perusahaan pabrik besar berlomba-lomba dalam meningkatkan kualitas hasil cetakan yang tentunya untuk menarik perhatian konsumen

Berbagai macam teknik dalam mencetak terus dikembangkan, seperti cetak bentuk relief, cetak sablon sampai cetak rotogravure yang kini semuanya sudah menggunakan digital sistem yang tentu saja akurat, minim kesalahan serta menghasilkan kualitas cetakan yang maksimal sesuai keinginan konsumen bahkan kerap kali konsumen berdecak kagum karena hasil cetakannya melebihi hasil pesannya yang bisa jauh lebih bagus dan kreatif.

Para pelaku bisnis percetakanpun tidak hanya bersaing dalam hal kualitas hasil cetak entah berupa tulisan maupun gambar namun para pebisnis ini pun bersaing dalam hal harga, tentu saja semua konsumen menginginkan mendapat hasil cetakan maksimal dengan harga yang minimal, hal inilah yang kemudian membuat para pebisnis cetak mengobral harga sehingga konsumen merasa senang, namun murahnya harga cetak bila tidak diimbangi dengan kualitas hasil cetak yang maksimal konsumen pun akan lari tuk pindah ke percetakan yang lain.

Sebagai konsumen anda harus jeli dan teliti dalam memilih percetakan mana yang menghasilkan hasil maxi dengan harga mini, selamat menjelajah

 


Follow @petraya