Branding dan Strategi Pemasaran

Menurut The American Marketing Association (AMA), Merk adalah nama, istilah, simbol, tanda, kata-kata, atau desain, atau kombinasi sebagian atau seluruh unsur tersebut yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang dan jasa dari satu penjual atau kelompok penjual dan untuk membedakan mereka dari penjual lain. Branding adalah tentang usaha agar prospek klien Anda melihat Anda sebagai solusi untuk masalah mereka, prospek klien menjadi klien adalah tahap selanjutnya.
Dalam dunia marketing, branding adalah hal yang mutlak harus dilakukan. Brand yang bagus dari suatu produk akan membantu pemasaran dalam merealisasikan strateginya, mendapatkan klien sebanyak mungkin dan menciptakan konsumen yang loyal. Pepatah Jawa mengatakan bahwa “Nggolek jeneng rumiyin, nembe angsal jenang” (cari nama dahulu, baru dapat keuntungan). Merk disini adalah nama, merk atau nama yang baik dimata konsumen akan menambah keloyalan konsumen lama dan menarik konsumen produk kompetitor menjadi klien Anda.¬†Untuk membangun brand yang baik, maka Anda harus melakukan hal-hal berikut

Ketahui kebutuhan dan “masalah” konsumen
Ingat, posisikan perusahaan Anda sebagai solusi bagi pemenuhan kebutuhan mereka dan penyelesaian masalah mereka. Dalam dunia pemasaran sekarang ini, orang tidak bisa didikte untuk membeli dari Anda, mereka hanya bisa diberi inspirasi tentang perusahaan dan produk Anda.

Jelaskan mengapa orang-orang harus membeli produk Anda
Anda harus dapat mendefinisikan dengan jelas apa dan untuk apa produk Anda. Jelaskan kepada mereka bahwa produk Anda adalah solusi untuk masalah mereka, memudahkan hidup mereka, dan manfaat yang bisa mereka dapat dari produk Anda.

Bangun komunikasi yang baik
Konsumen Anda ingin didengarkan dan dilayani, maka dari itu bangunlah komunikasi yang baik dengan para konsumen. Citrakan bahwa perusahaan Anda adalah perusahaan yang memahami keinginan mereka. Buat saluran komunikasi yang mudah seperti layanan pelanggan via email, telpon, sms.

Gunakan media promosi yang kreatif dan menarik perhatian publik
Gunakanlah media dan alat promosi yang menarik perhatian. Buatlah agar orang-orang mengenal produk Anda. Yang perlu diingat adalah bahwa Anda sedang membangun branding di Indonesia dimana nilai-nilai kesopanan, etika sangat diperhatikan. Jangan sampai publik mengenal Anda sebagai merk yang “merusak” hanya karena kesalahan saat promosi yang menyinggung etika masyarakat Indonesia dan adat ketimuran. Memang mereka menjadi kenal, brand awareness naik tetapi yang tertanam dalam pikiran mereka adalah keburukan. Promosi yang menyerang merk lain secara frontal juga belum bisa diterima oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, tidak seperti di Amerika Serikat dimana duli iklan MacOS X secara terang-terangan menantang dan menyerang Windows Vista.

Selamat membangun brand, kami hadir untuk membantu Anda membangun brand positif di masyarakat dan membantu komunikasi pemasaran Anda.

(AW)


Follow @petraya