Desain Pack dan Kekuatan Merk

PERANCANGAN MERK DAN PACKAGING

Branding atau merek menurut UU no. 15 tahun 2001 adalah tanda berupa gambar ,nama,kata,huruf,angka-angka,susunan atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang dan jasa.

Sebagai tanda pembeda maka merek dalam klasifikasi barang atau jasa tidak boleh memiliki persamaan antara satu dan lainnya baik pada keseluruhan maupun pada pokoknya.
Pengertian persamaan pada pokoknya yaitu apabila memiliki persamaan pada bentuk,persamaan cara penempatan,persamaan bentuk dan cara penempatan ,persamaan bunyi,ucapan. Dalam beberapa kasus, merk yang lebih lemah terkadang berusaha menyerang merk yang lebih kuat, namun karena merk yg dilawan itu lebih kuat di pasaran, maka iklan yang dibuat oleh merk lemah tersebut justru semakin memperkuat merk yang diserang.

Ekuitas merek

Ekuitas merek adalah efek diferensial positif yang ditimbulkan oleh pengetahuan nama merek tersebut terhadap tanggapan pelanggan atas produk atau jasa
Ukuran kekuatan suatu merek dapat dilihat yakni saat sejauhmana pelanggan atau konsumen bersedia membayar lebih tinggi untuk merek tertentu.

Ada 5 kriteria yang dapat membantu kita dalam memilih identitas merek:

1.Mudah diingat ( memorable)
2.Dapat dimengerti (understandable)
3.Perlindungan ( Protectable)

Terkait dengan perlindungan elemen merek yang mendapatkan perlindungan yang legal dalam persaingan (perijinanan)

4.Adaptable

Suatu merek harus dapat disesuaikan dengan keadaan pasar selama mungkin jika konsumen berbeda generasi,yang akan berpengaruh pula terhadap opini mereka terhadap merek.Ex:pembaharuan kemasan produk

5.Transferable

Mudah diartikan dalam berbagai bahasa,terutama berkaitan dengan produk yang pangsanya tidak hanya di tingkat lokal.

Kemasan

Kemasan merupakan suatu hal yang pertama kali dilihat oleh konsumen dalam memilih suatu merek pada produk. Suatu produk yang dikemas atau package secara tepat akan membuat konsumen merasa puas.
Desain dan cetakan kemasan yang menarik akan membuat konsumen memperhatikan konten yang terdapat dalam kemasan tersebut yang pada ujungnya, kemasan dapat menjadi media iklan yang efektif, konsumen mudah datang atau menghubungi lagi karena alamat dan nomer kontak perusahaan tertera jelas, oleh karena itu kemasan harus dibuat sedetail dan semenarik mungkin sehingga mempercayakan pembuatan packaging pada percetakan yang teat adalah suatu keniscayaan.

Petraya dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dapat membantu Anda dalam merancang dan memproduksi iklan dan package yang menarik, berkualitas, dan berdaya iklan tinggi sehingga orang akan tertarik HANYA DALAM HITUNGAN DETIK. Segera hubungi bagian pemasaran kami untuk mendapat info lebih lanjut.

 

 

<AW>


Follow @petraya