Iklan Lini Bawah (Below The Line)

Iklan lini bawah adalah kampanye atau promosi yang dilakukan di tingkat konsumen untuk merangkul lebih banyak konsumen dan meningkatkan brand awareeness,  promosi lini bawah atau below the line tidak disiarkan di media massa sehingga biayanya bisa lebih rendah daripada iklan lini atas. Iklan lini bawah sering dilakukan di event perusahaan untuk konsumen sehingga perusahaan dapat berkomunikasi langsung dengan para konsumennya.Iklan lini bawah sering menggunakan alat-alat seperti ini

Brosur

Brosur atau pamflet memuat informasi atau penjelasan tentang suatu produk, layanan, fasilitas umum, profil perusahaan, sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasi dalam brosur ditulis dalam bahasa yang ringkas, dan dimaksudkan mudah dipahami dalam waktu singkat. Brosur juga didesain agar menarik perhatian, dan dicetak di atas kertas yang baik dalam usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk tersebut.

Katalog Produk

Katalog produk adalah sebuah buku berisikan gambar-gambar atau tidak, biasanya berisi informasi gambar produk, harga, serta ukurannya (wikipedia). Konsumen Anda bisa melihat-lihat katalog produk Anda sebelum memutuskan untuk membeli.

Kalender

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalender adalah daftar hari dan bulan dalam setahun. Sedangkan menurut wikipedia kalender adalah sebuah sistem untuk memberi nama pada sebuah periode waktu (seperti hari sebagai contohnya).  Kalender juga dapat mengacu kepada alat yang mengilustrasikan sistem tersebut (sebagai contoh, sebuah kalender dinding). Perusahaan dapat membuat kalender untuk dibagikan kepada konsumennya. Ini adalah suatu usaha branding yang bagus karena kalender akan dilihat dan dipakai sepanjang tahun, bukan?

Kartu Nama

Kartu nama biasanya memuat informasi singkat dan padat dari suatu merk dan orang pemilik kartu nama, meskipun kecil tapi usahakan agar memasukkan informasi yang jelas mengenai brand Anda di kartu nama Anda beserta nomor yang bisa dihubungi, website, email, dan sebagainya.

Company Profile

Semacam buku yang memuat profil lengkap bisnis / brand Anda, namun dewasa ini Company Profile juga tampil di website atau dibuat dalam bentuk animasi Flash, video company profile. Dengan membaca company profile maka publik bisa mengetahui detail bisnis Anda, produk-produknya, sejarah dan profil lain. Buatlah Company Profile semenarik dan selengkap mungkin karena dari situlah dunia mengetahui brand Anda. Petraya Marcomm siap membantu memasarkan brand Anda dengan menggunakan berbagai macam Company Profile, baik buku ataupun elektronik (Animasi Flash, video company profile)

Buku Agenda

Buku kecil yang bisa digunakan untuk menuliskan jurnal kegiatan harian, biasanya buku agenda dirancang untuk digunakan sepanjang tahun sehingga menampilkan iklan atau informasi brand Anda bisa menjadi sarana iklan yang baik bagi penerima buku agenda.

Paper Bag

Paper bag adalah tas yang dibuat dari kertas dan dipakai oleh suatu perusahaan untuk membungkus produk dan atau dagangannya yang dibeli konsumen, jika paper bag bentuk dan desainnya bagus maka bukan tidak mungkin penerimanya akan menyimpan paper bag tersebut untuk dipakai kembali suatu saat. Merk Anda akan lebih mudah dipakai pemakai tas Anda. Jika suatu saat orang membutuhkan produk Anda, dia dapat dengan mudah menemukan nomor telepon dan alamat Anda.

Stiker

Stiker adalah suatu desain yang memuat pesan tertentu dan digunakan dengan ditempelkan di suatu tempat. Stiker biasanya memuat informasi singkat suatu merk dan atau logo. Meskipun kecil namun stiker dapat berpengaruh besar tergantung dari penyebarannya. Contohnya, orang-orang bangga menempelkan stiker Kupu-Kupu Malam Auto Fashion meskipun diantara mereka tidak tahu bahwa Kupu-Kupu Malam Auto Fashion itu adalah bengkel pengrajin mobil di Jogjakarta.

Merchandise

Merchandise adalah produk yang biasa digunakan oleh suatu usaha perusahaan, pemegang merk, event organizer, organisasi sebagai bentuk promosi, meningkatkan brand awareness, mendongkrak pasar, menambah klien. Anda bisa membuat merchandise untuk dibagikan kepada publik saat perusahaan Anda mengadakan event publik. Dengan begitu orang yang menerima merchandise Anda akan lebih mengingat merk Anda.


Follow @petraya