Kalender Pendidikan dan SNMPTN 2012 Jalur Undangan

Awal tahun 2012 ini, kalender pendidikan sudah sampai pada pertengahan dengan berakhirnya semester gasal dan dimulainya semester genap. Mulai saat ini adalah hari yang sibuk bagi insan pendidikan baik guru maupun siswa, terutama siswa kelas 3 SMA/SMK atau kelas 4 SMK yang ingin melanjutkan kuliah di universitas negeri. Para siswa sibuk belajar mati-matian agar lulus ujian nasional dan lulus SNMPTN 2012 atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang akan digelar setelah ujian nasional. Beban siswa akan lebih ringan jika diterima lewat SNMPTN jalur undangan yang biasanya dibuka pada bulan Maret atau April.

Prosedur SNMPTN jalur undangan dijalankan oleh sekolah yang bersangkutan dan tidak ada seleksi tertulis. Dalam hal ini tentu pihak sekolah lebih mengetahui kemampuan akademik dari masing-masing siswanya. Kepala sekolah atau wakil sekolah yang lain memasukkan nilai raport siswanya di laman pendaftaran online untuk kemudian calon mahasiswa akan diseleksi secara nasional untuk bisa masuk ke universitas idaman mereka.

Di SNMPTN jalur undangan ini, calon mahasiswa dapat memilih 2 universitas tujuan berbeda dan memilih 3 jurusan yang berbeda untuk masing-masing universitas pilihan. Jika penghasilan orang tua calon mahasiswa kurang dari RP1.200.000,00 maka calon mahasiswa bersangkutan berhak untuk dapat beasiswa bidik misi.

Mendekati akhir kalender pendidikan 2011/2012 ini, banyak universitas, sekolah tinggi, maupun akademi yang mempersiapkan diri dengan materi promosi untuk menjaring mahasiswa dari jalur non SNMPTN atau ujian mandiri. Yang paling banyak disiapkan biasanya adalah map pendaftaran, formulir pendaftaran, map, brosur, kalender, dan seragam untuk mahasiswa baru. Semuanya melakukan persiapan terbaik untuk menyambut dimulainya kalender pendidikan 2012/2013.

Selamat bersiap-siap menyambut PMB 2012 bagi universitas, sekolah tinggi, dan akademi di Indonesia. Dan selamat belajar bagi rekan-rekan siswa tingkat akhir SMA/SMK, semoga Anda semua lulus ujian nasional dengan hasil yang memuaskan dan bisa masuk ke universitas pilihan kalian atau mendapat pekerjaan yang bagus.


Follow @petraya