Kertas Bahan Dasar Percetakan

Dalam era globalisasi ini semua media massa umumnya merupakan hasil dari mesin percetakan yang sedemikian apik dikemas dan disuguhkan bagi konsumen atau pembaca. Media massa diantaranya koran, majalah, tabloid, buku pengetahuan, iklan, brosur, dll. Bahan dasar dari produksi cetak media massa diatas ialah kertas namun seiring dengan global warning yang sedang dialami planet ini, merebak kan isu bahwa memproduksi kertas dalam satu buku sama dengan menebang satu pohon,hingga berakibat berkurangnya pohon hijau dan menimbulkan pemanasan global serta bencana alamlainnya seperti tanah longsor dan banjir.

Untuk itu para pelaku bisnis percetakan memutar otak untuk meminimalkan penggunaan kertas sebagai bahan baku utama, sehingga mereka menemukan cara dengan digitalisasi atau proses digital untuk media massa yaitu koran. Koran digital adalah sebuah media massa yang bertujuan untuk sarana komunikasi serta sarana penyampaian informasi kepada para pembacanya, koran digital dapat diperoleh dari media elektronik seperti komputer serta akses internet dari telepon seluler pribadi.
Koran digital mengandung informasi atau berita terbaru untuk para pembacanya yang dapat dilihat kapanpun dan dimanapun tanpa menunggu tukang peloper koran mengasihkan koran kepadakita, dalam hal penyampaian berita, koran digital lebih up to date karena berita selalu dihidangkan yang paling hot dan aktual seiring perkembangan internet yang sudah merebak. Memang hal ini mampu menekan penggunaan kertas sebagai bahan utama percetakan media massa hingga 50%, disamping itu juga mampu mengurangi biaya produksi dan transportasi. Namun koran digital bukan tidak menimbulkan kekhawatiran bagi para pelaku bisnis percetakan dan juga koran digital, karena terbatasnya sasaran kalangan penggunanya yang hanya mampu dinikmati oleh konsumen menengah keatas yang memiliki akses internet serta telepon seluler yang ada fitur GPRS, HSDPA, dan semacamnya, sementara bagi konsumen menengah kebawah yang belum memiliki akses internet belum bisa menikmati koran digital,bukan hanya itu saja akses internet juga mahal sehingga para pelaku bisnis percetakan tidak langsung mengganti koran atau media massa berbentuk digital namun ada yang masih menggunakan cetak tulis dengan bahan dasar kertas. Adanya proses daur ulang kertas yaitu dari kertas bekas diubah ke kertas baru yang dapat dimanfaatkan kembali merupakan awal gemilang dalam menyelamatkan pohon kita, serta adanya program penanaman sejuta pohon juga membantu kita untuk tetap bisa menikmati kertas sebagai bahan percetakan.


Follow @petraya