Kualitas atau Kuantitas?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kualitas adalah tingkat baik buruknya sesuatu. Sedangkan arti kuantitas adalah jumlah.

Beberapa orang dalam mencari suatu produk atau layanan jasa cenderung mencari yang berkualitas sedang namun dalam jumlah besar, ada pula orang yang mencari barang atau layanan dengan kualitas sempurna (baik pre sales maupun after sales) meskipun dengan jumlah terbatas.

Pertanyaannya adalah, mending milih kualitas atau kuantitas?
Jika mengejar keuntungan sesaat, maka kuantitas adalah jawabannya. Lebih baik barang cepat habis dengan mengabaikan kualitas. Hal ini memang tampak menguntungkan untuk jangka pendek, namun dalam jangka panjang…habislah perusahaan yang menerapkan sistem demikian karena masyarakat lebih memilih barang atau layanan dengan kualitas yang baik.

Mendahulukan kualitas memang bisa beresiko barang atau layanan lebih sulit laku karena bisa jadi harganya lebih mahal. Namun harga yang mahal tersebut ditebus dengan kualitas barang atau layanan yang didapatkan. Mengutamakan kualitas, insya Allah perusahaan ini dapat bertahan di tengah-tengah persaingan. Ingat, orang lebih memilih untuk membayar lebih mahal namun waktu pemakaian lebih lama dan kulitas lebih baik daripada membayar murah namun hasil mengecewakan. Orang Jawa bilang : “Ono rega ono rupa” (Ada harga ada wujud).

 

<AW>


Follow @petraya