Manfaat Mencetak Buku Tahunan atau Yearbook

Menjelang saat-saat kelulusan sekolah baik itu SD, SLTP, maupun SLTA, organisasi siswa maupun bagian kesiswaan sering menyiapkan materi untuk cetak buku tahunan atau populer disebut yearbook atau buku kenangan sekolah. Untuk itu sebelum kelulusan atau wisuda, panitia cetak buku tahunan akan mengumpulkan data-data siswa, foto baru yang bukan sekedar pasfoto, kesan pesan siswa, dan sebagainya lalu membawanya ke percetakan agar dilayout dan dicetak menjadi buku. Semua itu akan dirangkum dalam sebuah buku yang mendokumentasikan semua alumni di tahun tersebut.

Buku tahunan atau yearbook bisa menjadi “harta terakhir” yang berharga untuk setiap alumni karena kenangan mereka selama menempuh pendidikan di instansi tersebut terangkum semua dalam buku tersebut. Oleh karena itu desain buku tahunan yang keren dan agak alay menjadi tuntutan mutlak para siswa. Terkadang mereka berfoto narsis untuk kemudian foto tersebut di-edit sedemikian rupa menggunakan photoshop agar tampak unik, keren, lebay pula 🙂 . Meskipun beberapa saat kemudian buku tahunan hanya menganggur di rak buku, namun suatu hari kita pasti tergelitik untuk membuka buku tersebut. Melihat foto-foto masa sekolah yang gila-gilaan, kesan dan pesan yang terdengar ngaco, sampai melihat lagi identitas cinta masa SMA, mengenang saat-saat dihukum guru sehingga salah satu manfaat mencetak buku tahunan atau yearbook adalah mempererat silaturahmi antar alumni dan menjaga agar jangan sampai putus kontak dengan teman-teman sekolah. Buku tahunan pun sering menjadi referensi jika akan mengadakan reuni berpuluh tahun kemudian karena didalamnya memuat alamat dan nomer ponsel alumni dan guru (selama nomer hp mereka belum ganti). Di sampul belakang buku tahunan juga bisa dilampirkan iklan sponsor agar biaya cetak buku tahunan menjadi makin murah.

Itu tadi adalah sekelumit manfaat buku tahunan yang nampaknya sepele saat baru dicetak namun bermanfaat besar bertahun-tahun kemudian. Agar Anda mendapatkan buku tahunan keren, segera kumpulkan foto-foto yang bagus, akan lebih baik lagi kalau pihak percetakan juga menyediakan fotografer sehingga proses cetak buku tahunan menjadi satu mulai dari pengumpulan foto sampai cetak.


Follow @petraya