Petraya Marketing Communication

Desain Logo

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, logo adalah huruf atau lambang yg mengandung makna, terdiri atas satu kata atau lebih sbg lambang atau nama perusahaan, organisasi, kelompok, dan sebagainya. Logo bisa dibagi menjadi 3 (tiga) jenis yaitu logotype (logo yang terdiri dari huruf), logogram (logo yang terbentuk dari gambar), atau kombinasi keduanya. Logo sangat penting bagi pemiliknya karena logo adalah identitas yang melambangkan pemiliknya sehingga logo harus mampu mencerminkan pemiliknya dengan jelas.

Membuat logo tampaknya mudah, namun sebenarnya tidaklah sesederhana itu. Bagi perusahaan besar, membuat logo tentu melalui pertimbangan yang banyak karena menyangkut visi misi dan core value perusahaan. Terkadang logo yang sudah ada pun mengalami pergantian, untuk menyesuaikan zaman. Contohnya, Canon dulunya bernama Kwannon.

Kami membantu Anda dalam merancang logo yang efektif, mewakili perusahaan, memiliki "nilai jual" yang tinggi dengan mempertimbangkan kaidah berikut :

Logo dibuat untuk mudah dipahami dalam waktu singkat

Kami menggunakan sudut pandang orang yang belum mengenal logo Anda. Logo yang dibuat harus masuk ke pikiran orang yang melihatnya sehingga jika beberapa saat kemudian orang tersebut ditanya, dia tetap hafal logo Anda. Semakin khas dan semakin mudah orang mengingat logo Anda maka semakin meningkat pula brand awareness Anda. Siapa sih yang tidak kenal logo Mc Donald dan Coca Cola, ditiru seperti apapun baik font maupun bentuknya, pikiran orang pasti langsung tertuju ke Mc Donald dan Coca Cola.

Mempertimbangkan warna logo

Logo tentu digunakan untuk jangka panjang sebagai alat pemasaran. Komposisi warna yang digunakan haruslah tepat untuk berbagai kondisi sehingga orang yang melihat pun akan tertarik. Bagaimana jika suatu saat harus ditampilkan dengan warna yang berbeda? Tentu hal ini harus dipertimbangkan. Logo yang baik dan eye catching tentu akan menarik mata orang yang melihat meskipun logo tersebut berjajar-jajar dengan ratusan logo lainnya.

Logo yang relevan dengan perusahaan dan produk Anda

Tentu saja logo yang dibuat haruslah relevan dengan pemilik logo terutama logo berjenis logogram. Produk jamu tapi logonya berbentuk roda gigi? Sangat tidak relevan, bukan? Setidaknya itulah yang kemungkinan besar ada di pikiran orang. Gerai steak tapi menggunakan logo bergambar steak? Tidak masalah, justru itu malah mudah diingat orang.

Bentuk logo yang professional

Desainer professional kami menggunakan dasar estetika dalam membuat logo. Tentu sangat kelihatan antara logo yang dibuat dengan professional dengan yang asal-asalan.

Branding dan Strategi Pemasaran

Menurut The American Marketing Association (AMA), Merk adalah nama, istilah, simbol, tanda, kata-kata, atau desain, atau kombinasi sebagian atau seluruh unsur tersebut yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang dan jasa dari satu penjual atau kelompok penjual dan untuk membedakan mereka dari penjual lain. Branding adalah tentang usaha agar prospek klien Anda melihat Anda sebagai solusi untuk masalah mereka, prospek klien menjadi klien adalah tahap selanjutnya. Dalam dunia marketing, branding adalah hal yang mutlak harus dilakukan. Brand yang bagus dari suatu produk akan membantu pemasaran dalam merealisasikan strateginya, mendapatkan klien sebanyak mungkin dan menciptakan konsumen yang loyal. Pepatah Jawa mengatakan bahwa "Nggolek jeneng rumiyin, nembe angsal jenang" (cari nama dahulu, baru dapat keuntungan). Merk disini adalah nama, merk atau nama yang baik dimata konsumen akan menambah keloyalan konsumen lama dan menarik konsumen produk kompetitor menjadi klien Anda. Untuk membangun brand yang baik, maka Anda harus melakukan hal-hal berikut

Ketahui kebutuhan dan "masalah" konsumen Ingat, posisikan perusahaan Anda sebagai solusi bagi pemenuhan kebutuhan mereka dan penyelesaian masalah mereka. Dalam dunia pemasaran sekarang ini, orang tidak bisa didikte untuk membeli dari Anda, mereka hanya bisa diberi inspirasi tentang perusahaan dan produk Anda.

Jelaskan mengapa orang-orang harus membeli produk Anda Anda harus dapat mendefinisikan dengan jelas apa dan untuk apa produk Anda. Jelaskan kepada mereka bahwa produk Anda adalah solusi untuk masalah mereka, memudahkan hidup mereka, dan manfaat yang bisa mereka dapat dari produk Anda.

Bangun komunikasi yang baik Konsumen Anda ingin didengarkan dan dilayani, maka dari itu bangunlah komunikasi yang baik dengan para konsumen. Citrakan bahwa perusahaan Anda adalah perusahaan yang memahami keinginan mereka. Buat saluran komunikasi yang mudah seperti layanan pelanggan via email, telpon, sms.

Gunakan media promosi yang kreatif dan menarik perhatian publik Gunakanlah media dan alat promosi yang menarik perhatian. Buatlah agar orang-orang mengenal produk Anda. Yang perlu diingat adalah bahwa Anda sedang membangun branding di Indonesia dimana nilai-nilai kesopanan, etika sangat diperhatikan. Jangan sampai publik mengenal Anda sebagai merk yang "merusak" hanya karena kesalahan saat promosi yang menyinggung etika masyarakat Indonesia dan adat ketimuran. Memang mereka menjadi kenal, brand awareness naik tetapi yang tertanam dalam pikiran mereka adalah keburukan. Promosi yang menyerang merk lain secara frontal juga belum bisa diterima oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, tidak seperti di Amerika Serikat dimana duli iklan MacOS X secara terang-terangan menantang dan menyerang Windows Vista.

Selamat membangun brand, kami hadir untuk membantu Anda membangun brand positif di masyarakat dan membantu komunikasi pemasaran Anda.

(AW)

Iklan Lini Atas (Above the Line)

Iklan lini atas adalah iklan yang mengharuskan komisi kepada biro iklan, contohnya adalah tayangan iklan di televisi, koran, baliho, billboard, bis umum, iklan radio. Masing-masing media iklan juga memiliki jangkauan audience yang berbeda, seperti koran yang jangkauan audiencenya sejauh jangkauan terbitnya, koran propinsi maka audience yang akan melihat iklan Anda paling-paling hanya di propinsi yang bersangkutan. Begitu juga dengan televisi, lokal, nasional, ataupun dunia. Radio pun tersegmentasi oleh pendengarnya, apakah radio anak muda, berita, atau komunitas.

Pembayarannya biasanya didasarkan atas durasi tayang dan jangkauan iklan, makin lama tayang dan makin luas jangkauan terbitnya maka biaya yang dibutuhkan akan makin besar. oleh karena itu sebelum memilih biro iklan dan jenis iklan yang diinginkan lihat dulu target iklan Anda agar iklan tepat mengenai sasaran. Tentu tidak cocok juga kan jika memasang iklan produk pakaian pria di majalah wanita, akan lebih cocok ditayangkan di majalah wanita atau acara tv dan radio yang berkaitan dengan wanita. Akan tetapi jika iklan Anda menyasar berbagai kalangan, lebih tepat jika Anda menggunakan baliho di jalan besar yang ramai atau menggunakan media televisi yang jangkauannya lebih luas. Waktu tayang pun harus memperhatikan konten iklan, iklan yang bermuatan kekerasan tidak boleh tayang saat prime time. Iklan yang tayang di Indonesia harus memenuhi aturan-aturan di Etika Pariwara Indonesia.

Akhir kata, selamat memasang iklan.

Iklan Lini Bawah (Below The Line)

Iklan lini bawah adalah kampanye atau promosi yang dilakukan di tingkat konsumen untuk merangkul lebih banyak konsumen dan meningkatkan brand awareeness,  promosi lini bawah atau below the line tidak disiarkan di media massa sehingga biayanya bisa lebih rendah daripada iklan lini atas. Iklan lini bawah sering dilakukan di event perusahaan untuk konsumen sehingga perusahaan dapat berkomunikasi langsung dengan para konsumennya.Iklan lini bawah sering menggunakan alat-alat seperti ini

Brosur

Brosur atau pamflet memuat informasi atau penjelasan tentang suatu produk, layanan, fasilitas umum, profil perusahaan, sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasi dalam brosur ditulis dalam bahasa yang ringkas, dan dimaksudkan mudah dipahami dalam waktu singkat. Brosur juga didesain agar menarik perhatian, dan dicetak di atas kertas yang baik dalam usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk tersebut.

Katalog Produk

Katalog produk adalah sebuah buku berisikan gambar-gambar atau tidak, biasanya berisi informasi gambar produk, harga, serta ukurannya (wikipedia). Konsumen Anda bisa melihat-lihat katalog produk Anda sebelum memutuskan untuk membeli.

Kalender

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalender adalah daftar hari dan bulan dalam setahun. Sedangkan menurut wikipedia kalender adalah sebuah sistem untuk memberi nama pada sebuah periode waktu (seperti hari sebagai contohnya).  Kalender juga dapat mengacu kepada alat yang mengilustrasikan sistem tersebut (sebagai contoh, sebuah kalender dinding). Perusahaan dapat membuat kalender untuk dibagikan kepada konsumennya. Ini adalah suatu usaha branding yang bagus karena kalender akan dilihat dan dipakai sepanjang tahun, bukan?

Kartu Nama

Kartu nama biasanya memuat informasi singkat dan padat dari suatu merk dan orang pemilik kartu nama, meskipun kecil tapi usahakan agar memasukkan informasi yang jelas mengenai brand Anda di kartu nama Anda beserta nomor yang bisa dihubungi, website, email, dan sebagainya.

Company Profile

Semacam buku yang memuat profil lengkap bisnis / brand Anda, namun dewasa ini Company Profile juga tampil di website atau dibuat dalam bentuk animasi Flash, video company profile. Dengan membaca company profile maka publik bisa mengetahui detail bisnis Anda, produk-produknya, sejarah dan profil lain. Buatlah Company Profile semenarik dan selengkap mungkin karena dari situlah dunia mengetahui brand Anda. Petraya Marcomm siap membantu memasarkan brand Anda dengan menggunakan berbagai macam Company Profile, baik buku ataupun elektronik (Animasi Flash, video company profile)

Buku Agenda

Buku kecil yang bisa digunakan untuk menuliskan jurnal kegiatan harian, biasanya buku agenda dirancang untuk digunakan sepanjang tahun sehingga menampilkan iklan atau informasi brand Anda bisa menjadi sarana iklan yang baik bagi penerima buku agenda.

Paper Bag

Paper bag adalah tas yang dibuat dari kertas dan dipakai oleh suatu perusahaan untuk membungkus produk dan atau dagangannya yang dibeli konsumen, jika paper bag bentuk dan desainnya bagus maka bukan tidak mungkin penerimanya akan menyimpan paper bag tersebut untuk dipakai kembali suatu saat. Merk Anda akan lebih mudah dipakai pemakai tas Anda. Jika suatu saat orang membutuhkan produk Anda, dia dapat dengan mudah menemukan nomor telepon dan alamat Anda.

Stiker

Stiker adalah suatu desain yang memuat pesan tertentu dan digunakan dengan ditempelkan di suatu tempat. Stiker biasanya memuat informasi singkat suatu merk dan atau logo. Meskipun kecil namun stiker dapat berpengaruh besar tergantung dari penyebarannya. Contohnya, orang-orang bangga menempelkan stiker Kupu-Kupu Malam Auto Fashion meskipun diantara mereka tidak tahu bahwa Kupu-Kupu Malam Auto Fashion itu adalah bengkel pengrajin mobil di Jogjakarta.

Merchandise

Merchandise adalah produk yang biasa digunakan oleh suatu usaha perusahaan, pemegang merk, event organizer, organisasi sebagai bentuk promosi, meningkatkan brand awareness, mendongkrak pasar, menambah klien. Anda bisa membuat merchandise untuk dibagikan kepada publik saat perusahaan Anda mengadakan event publik. Dengan begitu orang yang menerima merchandise Anda akan lebih mengingat merk Anda.


Follow @petraya