Membangun Team Impian

Sebelum kita memikirkan cara membangun team impian, mari kita lihat dulu definisi team, arti team secara harfiah adalah “sekelompok orang yang berada di sisi yang sama”, bisa juga diartikan sebagai “sebuah kelompok yang diatur untuk bekerja bersama”.

Namun, arti sesungguhnya adalah lebih dari itu, kita harus menganggap bahwa anggota TEAM adalah anggota KELUARGA, jika kita menganggap mereka adalah keluarga tentunya kita akan memperlakukan mereka dengan cara yang jauh berbeda jika Anda menganggap mereka hanya sebagai staff.. Makna lain dari TEAM adalah TOGETHER EVERYONE ACHIEVE MORE (Bersama-sama, setiap orang bisa mencapai prestasi lebih)

Inti dari TEAM adalah KEBERSAMAAN. Kata yang menunjukkan kesan inklusif. Setiap orang di perusahaan memiliki keunikan dan berperan penting, mereka memiliki kegunaan nyata yang memainkan peran penting dalam bisnis. Jika tidak demikian maka ada yang salah dalam struktur organisasi Anda. Dalam bisnis tidak seharusnya ada orang yang bebas dari tugas (freeloader). Tiap orang memiliki peran yang unik dan jelas untuk dimainkan dalam rangka membantu perusahaan mencapai tujuan-tujuannya, visi dan misinya.

Akan tetapi, ada hal lain yang harus diperhatikan. Anggota TEAM tidak hanya bekerja atau memegang fungsi tertentu di perusahaan, mereka harus cocok menjadi bagian team dengan memerhatikan kesesuaiannya. Menemukan orang-orang yang benar-benar tepat untuk sebuah TEAM adalah hal yang sangat penting, jika perlu libatkanlah anggota TEAM lain untuk mencari anggota TEAM yang baru karena kelak merekalah yang akan bekerja bersama dengan anggota team baru tersebut.

 

<AW>


Follow @petraya