Mencetak Label Undangan Sendiri

Trik Mencetak/Print Label Undangan Dengan Microsoft Office Word 2007

Jika Anda membuat undangan untuk suatu acara, tentu pihak percetakan tidak mencetak nama orang yang diundang, kan? Bagaimana jika kita membuat sendiri di komputer? Tidak harus pakai software yang sulit. Dengan Microsoft Office Word pun Anda bisa !!! :-) Instant. Gimana caranya? Ini dia

1. Pertama buka word 2007 kemudian pilih mailings kemudian pilih labels soalnya kita mau bikin label.

2. kemudian Klik options dan pilih new label

3. Pada custom label masukan parameter berikut sama seperti di gambar dibawah

4. Setelah semua parameter dimasukan,klik Ok terus sampai semua di windows labels kemudian klik new document  sehingga terdapat dokumen baru berbentuk seperti ini.

5. kemudian tinggal di set lah ukuran kertasnya sama seperti kertas label tom & jerry yaitu tinggi 16,5 cm dan lebar 20,5 cm.
6. Sebelum melanjutkan sebaiknya buat dulu list nama + ” Di Tempat” dalam sebuah file excel setelah selesai beri nama di contoh diberi nama data_label.xlsx  dengan format penulisan seperti ini.

7. Kembali ke word, masih di file yang tadi pilih tab mailings kemudian pilih select recipients > use Existing list  maka akan muncul window file browse, cari file excel yang telah kita buat tadi dengan nama data_label.xlsx

8. Setelah file excelnya dipilih akan muncul pilihan sheet mana yang akan digunakan, pilih saja sheet 1.kemudian OK dan OK lagi maka data di excel telah masuk kedalam mail merge yang kita buat.

9.Kemudian pilih insert merge field untuk memasukan field mana saja yang akan dimasukan kedalam address label yang akan kita buat.disini kita akan memasukan field nama dan alamat klik keduanya kemudian pilih insert untuk memasukannya kedalam document.sehingga tampilannya akan seperti di bawah ini.

10. Pilih Rules>next record yang berfungsi memasukan macro yang secara otomatis akan memberi perintah berpindah ke data selanjutnya di dalam file database excel.

11. Terakhir tinggal copy paste semua field yang ada di label 1 tersebut ke label sebelahnya dengan tidak lupa {next} juga di copy sehingga tampilannya menjadi seperti ini.

12. Untuk mencetaknya pilih finsh & merge dan kemudian pilih apakah document akan langsung di print atau diedit lagi. saran gw sih mending diedit dulu. pilih OK dan semua record yang ada di file database excel tadi akan muncul dalam format label yang siap cetak
13. Terakhir tinggal print hasilnya.

 


Follow @petraya