Menerbitkan Buku Secara Murah dengan PoD

Menerbitkan buku? Mungkin Anda beranggapan bahwa menerbitkan buku adalah hal yang sulit dan mahal. Apalagi jika Anda menerbitkannya secara swadaya. Namun begitu, biasanya penerbit akan membeli hak cipta naskah Anda, menjual buku yang diterbitkan kemudian pendapatan Anda adalah royalti yang diambil sekian dari omzet penjualan buku. Jika menggunakan penerbit yang model begini tentu Anda tidak perlu susah-susah memikirkan pemasarannya. Biarkan penerbit yang melakukannya untuk Anda.

Namun, bagaimana jika buku Anda memang Anda rencanakan untuk terbit di kalangan terbatas? Tentu menerbitkan buku dengan cara massal via penerbit bukanlah cara yang bijak karena penerbit buku umum biasa mencetak buku dalam jumlah ribuan dan menjual secara bebas kepada masyarakat umum. Anda bisa menggunakan trik PoD (Print on Demand) atau mencetak buku bila ada permintaan. Hanya dengan dana kurang dari Rp900.000,00 Anda bisa menerbitkan buku dengan kualitas bagus. Mengenai teknisnya adalah sebagai berikut : Anda baru mencetak buku ke percetakan jika ada pesanan, untuk itu Anda hanya perlu mencetak sejumlah pesanan yang datang, bahkan jika hanya 1 buah sekalipun. Tentu Anda butuh percetakan tanpa minimal order. Untuk urusan pemasaran, memang Anda harus melakukan trik pemasaran sendiri, entah menggunakan jejaring sosial, jaringan pertemanan, dan sebagainya.

Kini dengan trik PoD (Print on Demand), mencetak buku menjadi mudah dan murah. Dengan menerbitkan buku, Anda bisa berbagi pengetahuan dan pemikiran Anda yang tentunya harus berguna untuk bangsa Indonesia.


Follow @petraya