Poin Dalam Membuat Undangan Nikah

Membuat undangan nikah menjadi hal penting bagi pasangan muda yang akan menikah. Akan tetapi banyak kasus terjadi pada hasil akhir undangan yang tidak sesuai dengan harapan, bisa berupa tidak terdapat kesan eksklusif, tidak ada nilai keunikan atau bahkan malah berlebihan sehingga tidak sesuai dengan tema pernikahan yang akan diselenggarakan. Berikut adalah beberapa poin yang bisa digunakan untuk membuat undangan nikah agar tidak menyesal di kemudian hari:

Warna. Memilih warna hitam dan putih sebenarnya bisa menghasilkan nuansa eksklusif dan unik juga klasik selama hal itu ditangani oleh designer undangan yang profesional.

Bentuk, Bentuk undangan sangat berpengaruh dalam proses pengerjaan desain undangan nikah, semakin rumit bentuk undangan, harganya semakin mahal.

Material atau bahan. Harga undangan pernikahan tergantung pada bahan bakunya. Seperti bahan baku kertas apakah akan memakai kertas lokal atau kertas fancy (import). Kemudian jenis tinta, apakah menggunakan tinta biasa atau tinta khusus. Demikian juga dengan jumlah warna, bisa satu warna, dua warna, tiga warna atau empat warna (full colour). Selain itu tingkat pengerjaan apakah menggunakan hard cover atau soft cover, doff/glossy/UV, emboss, hotprint. Dari semua itu mempengaruhi harga undangan yang akan dipesan.

Selain itu pemesanan undangan pernikahan biasanya akan mendapatkan elemen pendukung, dianataranya amplop, kertas label, ucapan terima kasih bahkan buku tamu. Faktor pendukung ini juga menentukan harga undangan karena pengerjaannya bersamaan dengan undangan nikah, minimal menggunakan kertas yang sama dengan yang dipakai untuk undangan. (LF)


Follow @petraya