Skripsi yang Menjadi Buku

Skripsi adalah salah satu syarat bagi para calon sarjana yang akan memperoleh gelar sarjana. Para calon sarjana ini berjuang selama berbulan-bulan demi satu buah skripsi yang akan diperjuangkan saat sidang skripsi berlangsung. Skripsi yang baik tentu memiliki dasar teori yang baik dan melahirkan solusi beserta gagasan baru yang bermanfaat bagi masyarakat. Namun kebanyakan skripsi hanya menjadi tumpukan kertas yang dijilid dan memenuhi rak perpustakaan.

Skripsi yang bagus dan bermanfaat bukan tidak mungkin bisa diterbitkan menjadi buku komersil. Tentu dengan ini gagasan sang penyusun skripsi bisa tersebar dengan lebih luas ke khalayak. Skripsi dan tesis yang seperti ini bukanlah sekedar karya tulis yang akan “dibantai” saat sidang saja, namun bisa menggerakkan masyarakat dengan ide-idenya. Contohnya adalah tesis Samuel Huntington yang berjudul Clash of Civilization yang menjadi rujukan dalam kebijakan politik saat ini. Dalam tesis ini dijelaskan¬†bahwa nantinya dunia akan lebih banyak di dominasi oleh dinamika politik yang terjadi antara peradaban (kultural).

Skripsi dan tesis yang menjadi buku ini tentunya harus disusun dengan metodologi yang benar, sistematis, logis dan berguna bagi masyarakat. Skripsi yang membawa dampak besar ini membuktikan kualitas keilmuan sang penyusun skripsi. Jadi, gunakanlah metodologi yang tepat dan angkatlah topik yang hangat di masyarakat atau yang berpotensi populer kelak dan tentunya membawa gagasan baru yang bermanfaat bagi masyarakat. Dan satu hal lagi, memiliki koneksi ke pihak yang berkompeten menerbitkan seperti percetakan dan penerbitan tentu menjadi nilai lebih bagi penyusun skripsi. Tentunya pembayaran honor menggunakan sistem royalti. Akhir kata, selamat menyusun skripsi bagi para calon sarjana.


Follow @petraya