Software Desain Grafis Untuk Percetakan

Percetakan dan desain grafis, 2 sejoli yang tak terpisahkan. Di setiap percetakan pasti ada proses mendesain dan membutuhkan desainer grafis didalamnya. Seorang desainer grafis akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam mendesain dan melayout sehingga terciptalah desain yang bagus dan menginsirasi. Desain yang bagus sangat bergantung kepada desainer dan kreatifitasnya.

Selain desainer grafis yang handal, desain yang bagus juga tergantung dari software desain grafis yang digunakan. Kreatifitas yang oke dan didukung dengan software yang tepat akan mendukung terciptanya desain yang memesona. Software yang banyak dipakai oleh percetakan adalah Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator. Semuanya memilki fungsi untuk membuat desain yang bagus. Para desainer pun dituntut untuk menguasai paling tidakĀ  Corel Draw+Adobe Photoshop atau Adobe Photoshop+Adobe Illustrator atau semuanya.

Corel Draw dan Adobe Illustrator sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk membuat desain vektor. Vektor adalah gambar yang terdiri dari titik-titik yang membentuk kurva, garis, bangun datar dan tidak akan epcah meskipun diperbesar. Sedangkan Adobe Photoshop lebih sering digunakan untuk mengolah bitmap seperti foto. KombinasiĀ  dari software-software tersebut akan menghasilkan desain yang bagus jika digunakan oleh orang yang kompetan.

Jika Anda memiliki keahlian desain, maka mengerjakan desain Anda sendiri kemudian dicetak ke percetakan bisa menjadi pilihan. Namun jika tidak, serahkan saja pada percetakan, desain Anda akan dikerjakan oleh desainer profesional dan berpengalaman, apalagi sekarang banyak percetakan yang memberlakukan desain gratis. Jadi, serahkan saja pada percetakan dan mereka akan bekerja untuk Anda.


Follow @petraya