Tips Aman Bisnis Online

Zaman sekarang adalah era online. Apapun bisa dikerjakan di dunia online, mulai dari berbisnis sampai belajar. Dengan bantuan internet, ada banyak bisnis online yang muncul seperti percetakan online, MLM online, bahkan bisnis kotor seperti judi online. Dalam hal percetakan, banyak percetakan yang terjun menjaring klien lewat internet seperti percetakan Semarang atau percetakan Jakarta yang mulai membuat situs web. Banyak hal yang bisa dilakukan via online, bahkan kejahatan pun bisa dilakukan via online.  Baik itu carding, phising, penipuan, virus, cracking situs. Jika Anda seorang pebisnis online ataupun orang yang bertransaksi via online, tentu memiliki kiat-kiat tersendiri agar aman dari penipuan. Berdasar pengalaman kami, berikut hal-hal sederhana yang bisa dilakukan agar aman saat bertransaksi online, Anda lebih memercayai orang yang berbisnis dengan Anda, orang lain pun lebih percaya kepada Anda.

  1. Cantumkan nomor telepon dan HP Anda, terlihat sepele namun bisa menambah kepercayaan orang kepada Anda. Merupakan suatu hal yang gegabah jika Anda langsung percaya kepada orang lain via messenger dan Anda langsung mentransfer uang tanpa mengetahui identitas orang yang chatting dengan Anda.
  2. Gunakan gambar-gambar yang bagus dan memikat, alangkah lebih baik jika Anda memotret sendiri.
  3. Sebelum Anda membeli, periksa review tentang orang atau toko dimana Anda akan beli dari dia, lihat komentar dan review tentangnya. Ingat, review di internet adalah review dari banyak orang. Jadikan ini pertimbangan bagi Anda sebelum membeli.
  4. Jangan langsung mentransfer seluruh harga yang disepakati (jika Anda akan membeli), begitu pula dengan pihak penjual. Mintalah agar calon pembeli Anda mentransfer sekian persen dari seluruh harga.
  5. Cari di mesin pencari tentang nomor telepon atau alamat toko online yang Anda tuju, makin banyak hasil pencarian maka kemungkinan besar itu adalah toko yang valid.
  6. Saat barang sudah dikirim, mintalah nomor resi pengiriman kepada pihak penjual sehingga Anda sebagai pembeli dapat melacak sampai dimana perjalanan barang pesanan Anda.
  7. Salah satu indikator penipuan adalah saat pihak penjual berkali-kali meminta uang untuk urusan ini-itu tanpa kejelasan mengenai barang yang Anda beli.

Demikian tips bisnis online yang aman, sebenarnya banyak tips-tips yang bisa Anda terapkan namun tips diatas merupakan tips dasar yang bisa Anda lakukan demi kebaikan Anda sebagai pembeli maupun sebagai pebisnis.


Follow @petraya