Tips Mencari Percetakan Murah

Setiap instansi baik swasta maupun negeri pasti memiliki kebutuhan cetak. Mulai dari stationery, kartu nama, alat promosi, dan sebagainya. Kebutuhan cetak ini biasanya dipenuhi oleh percetakan di kota tempat instansi tersebut berada. Misal instansi di Semarang biasa mencari percetakan Semarang dengan pertimbangan jarak lebih dekat, begitu pula dengan yang di Jakarta pastinya mencari percetakan Jakarta. Jika ada yang mencari di luar kota pastinya ada pertimbangan lain, misal percetakan tersebut memberi harga lebih murah atau layanan yang lebih baik disamping faktor lain seperti kenalan atau mitra lama.

Mencari percetakan jangan hanya lihat murahnya, namun layanannya, kualitas, finishingnya. Namun bagi Anda yang memprioritaskan harga yang murah, tentu punya pertimbangan sendiri-sendiri. Berikut ini tips-tips agar Anda bisa mendapatkan percetakan murah :

  1. Rencanakan jumlah cetak yang Anda butuhkan, sehingga budget Anda sesuai dengan harga cetaknya. Lebih bagus lagi jika Anda bisa menemukan percetakan tanpa minimal order.
  2. Tanyakan kepada ihak percetakan, berapa ukuran cetak yang bisa mereka kerjakan, jika Anda mencetakkan barang yang ukurannya diluar kesanggupan mereka, percetakan tersebut bisa melemparnya ke percetakan lain sehingga kemungkinan Anda akan mendapat harga yang lebih tinggi.
  3. Mintalah keringanan harga, akan sangat bagus jika Anda bisa menawar. Akan lebih baik jika Anda mendapatkan promo.
  4. Cari berita di Internet dan lihat review orang-orang tentang percetakan yang akan Anda tuju. Ingatlah bahwa social media never lie.
  5. Cari Informasi atau rekomendasi dari teman Anda yang lebih berpengalaman menggunakan jasa percetakan.

Demikian tips ringan bagaimana mendapatkan percetakan yang murah, akhir kata selamat mencetak ! 🙂


Follow @petraya