Tips Menentukan Harga Produk Cetak Bagi Percetakan

Bidang cetak undangan yang saat ini tengah marak dan menjamur di kalangan masyarakat telah menjadi salah satu alternatif usaha untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan harga suatu produk cetak khususnya bagi para pemula di bidang percetakan. Jika tidak tahu bagaimana menentukan harga suatu produk cetak undangan nikah akan membawa efek tidak sehat bagi perkembangan percetakannya di kemudian hari, misalnya harga jual produk yang tidak sesuai dengan harga pasar pada umumnya bisa menjadi lebih jauh di bawah atau harga lebih tinggi dari pasaran. Berikut adalah komponen penting yang harus diperhatikan dalam menentukan harga sebuah produk percetakan:

Bahan baku utama. Misalnya dalam cetak undangan dengan kertas maka bahan baku utamanya adalah kertas, berapa banyaknya kertas yang dibutuhkan untuk menyelesaiakan semua pesanan undangan.

Tenaga kerja. Ada dua bagian dalam tenaga kerja dalam hal ini yaitu tenaga kerja langsung dan tenaga kerja tidak langsung. Tenaga kerja langsung meliputi tukang cetak, design grafis dan finishing touch. Tenaga kerja tidak langsung meliputi karyawan administrasi dan marketing.

Bahan sekunder yang digunakan, yaitu tinta cetak, terpin, obat afdruk dan plat cetak.

Waktu pengerjaan. Dalam pengerjaan yang cepat dibutuhkan pengalaman yang profesional karena semakin lama waktu pengerjaan suatu produk semakin mahal harganya.

Tingkat kesullitan produk. Semakin tinggi tingkat kesulitan pembuatan maka semakin mahal harganya.

 

Itulah beberapa elemen yang bisa untuk menentukan kalkulasi harga yang kemudian bisa ditambahkan berapa laba yang ingin di dapatkan. Sebenarnya dengan mengikuti harga pasar yang ada kita tinggal mencari informasi di pasaran saja tanpa harus menghitung seperti di atas. Silakan pilih bagaimana anda menentukan harga produk cetak undangan yang ingin anda jual. Semoga berkah….. (LF)

 


Follow @petraya