Trend Menikah Menjelang Valentine

Valentine, suatu perayaan yang entah bagaimana asal usulnya banyak dirayakan  orang-orang di seluruh dunia. Hari valentine bukanlah budaya asli bangsa Indonesia. Dibawa masuk ke Indonesia oleh orang Barat.  Asal usul hari ini pun tidak begitu jelas dan valid (menurut wikipedia http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Valentine). Namun banyak orang percaya bahwa hari itu merupakan hari kasih sayang. Hari dimana seseorang mengungkapkan perasaan cintanya pada orang yang dia cintai.

Menjelang 14 Februari, rupanya cukup banyak orang yang menikah menjelang atau saat hari “kasih sayang”. Hal ini sama dengan kepercayaan bahwa menikah di bulan Besar (Jawa) berakibat baik pada kedua mempelai. Undangan nikah yang dicetak pun umumnya bernuansa pink dengan dominan ornamen berbentuk hati atau cupid. Dan seperti trend anak muda, foto mempelai pun dibuat kartun / anime.

Sebenarnya tidak ada hari baik atau hari buruk untuk mengadakan upacara pernikahan atau resepsi. Tinggal bagaimana calon mempelai mengatur hari H pernikahan mereka. Menikah menjelang valentine namun di hari kerja juga bukan merupakan pilihan bijaksana. Akhir kata, selamat menikah bagi yang akan menikah di bulan Februari ini ! 🙂


Follow @petraya